Moto 3 adalah salah satu kelas balap di ajang moto gp. Tidak seperti moto 2 yang menggunakan mesin sama pada semua motor, moto 3 bisa dikatakan lebih menyerupai moto gp junior. Hal ini dikarenakan motor yang digunakan pada balap moto 3, adalah motor balap prototype 250cc. Dengan ini berarti motor moto 3 adalah motor murni untuk balap, dan tentunya menggunakan komponen spesial untuk balap pula.
Pada ajang moto 3, ada beberapa produsen motor dunia, diantaranya adalah honda, ktm, peugeot, dan mahindra. Namun pada kali ini kita akan membahas salah satu produsen besar dunia, yaitu honda. Kenapa honda? Di ajang moto 3, honda adalah penantang terberat bagi ktm.
Honda menurunkan jagoan terbaiknya di ajang moto 3, yaitu nsf 250r dan sekarang nsf 250rw. Yang membuat jagoan honda yang satu ini spesial adalah konfigurasi mesin yang digunakan, tidak seperti pabrikan lain yang menggunakan mesin dengan konfigurasi biasa(condong kedepan). Honda nsf 250r/rw lebih memilih konfigurasi unik, yakni condong kebelakang dengan kemiringan 15 derajat. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kestabilan motor (centre of gravity).
Honda menurunkan jagoan terbaiknya di ajang moto 3, yaitu nsf 250r dan sekarang nsf 250rw. Yang membuat jagoan honda yang satu ini spesial adalah konfigurasi mesin yang digunakan, tidak seperti pabrikan lain yang menggunakan mesin dengan konfigurasi biasa(condong kedepan). Honda nsf 250r/rw lebih memilih konfigurasi unik, yakni condong kebelakang dengan kemiringan 15 derajat. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kestabilan motor (centre of gravity).
Dengan mesin yang condong kebelakang, ini berarti membuat air intake berada di depan mesin, dan exhaust berada dibelakang mesin.
Karena digunakan murni untuk balap, part yang digunakan pada mesin ini juga sangat spesial dan khusus untuk balap tentunya. Contohnya adalah katup titanium, head dan dinding silinder menggunakan lapisan khusus, forged piston, crankshaft dan camshaft dari baja tempa dan berbagai part dengan teknologi tinggi lainnya.
Baca juga
Penggunaan material khusus bertujuan untuk membuat mesin memiliki daya tahan luar biasa tinggi.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah spesifikasi mesin honda nsf 250r/rw:
*four stroke DOHC 4 valve liquid cooled.
*249.3 cm3
*bore x stroke 78.0 x 52.2 mm
*daya maksimum 35.5 kW / 13.000 rpm
*torsi maksimum 38.0 Nm / 10.500
Karena digunakan murni untuk balap, part yang digunakan pada mesin ini juga sangat spesial dan khusus untuk balap tentunya. Contohnya adalah katup titanium, head dan dinding silinder menggunakan lapisan khusus, forged piston, crankshaft dan camshaft dari baja tempa dan berbagai part dengan teknologi tinggi lainnya.
Baca juga
Penggunaan material khusus bertujuan untuk membuat mesin memiliki daya tahan luar biasa tinggi.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah spesifikasi mesin honda nsf 250r/rw:
*four stroke DOHC 4 valve liquid cooled.
*249.3 cm3
*bore x stroke 78.0 x 52.2 mm
*daya maksimum 35.5 kW / 13.000 rpm
*torsi maksimum 38.0 Nm / 10.500
Komentar
Posting Komentar