Langsung ke konten utama

Mesin Unik Honda Nsf250r Moto3

Moto 3 adalah salah satu kelas balap di ajang moto gp. Tidak seperti moto 2 yang menggunakan mesin sama pada semua motor, moto 3 bisa dikatakan lebih menyerupai moto gp junior. Hal ini dikarenakan motor yang digunakan pada balap moto 3, adalah motor balap prototype 250cc. Dengan ini berarti motor moto 3 adalah motor murni untuk balap, dan tentunya menggunakan komponen spesial untuk balap pula.



Pada ajang moto 3, ada beberapa produsen motor dunia, diantaranya adalah honda, ktm, peugeot, dan mahindra. Namun pada kali ini kita akan membahas salah satu produsen besar dunia, yaitu honda. Kenapa honda? Di ajang moto 3, honda adalah penantang terberat bagi ktm.

Honda menurunkan jagoan terbaiknya di ajang moto 3, yaitu nsf 250r dan sekarang nsf 250rw. Yang membuat jagoan honda yang satu ini spesial adalah konfigurasi mesin yang digunakan, tidak seperti pabrikan lain yang menggunakan mesin dengan konfigurasi biasa(condong kedepan). Honda nsf 250r/rw lebih memilih konfigurasi unik, yakni condong kebelakang dengan kemiringan 15 derajat. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kestabilan motor (centre of gravity).

 Dengan mesin yang condong kebelakang, ini berarti membuat air intake berada di depan mesin, dan exhaust berada dibelakang mesin. 
Karena digunakan murni untuk balap, part yang digunakan pada mesin ini juga sangat spesial dan khusus untuk balap tentunya. Contohnya adalah katup titanium, head dan dinding silinder menggunakan lapisan khusus, forged piston, crankshaft dan camshaft dari baja tempa dan berbagai part dengan teknologi tinggi lainnya.

Baca juga



Penggunaan material khusus bertujuan untuk membuat mesin memiliki daya tahan luar biasa tinggi.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah spesifikasi mesin honda nsf 250r/rw:
*four stroke DOHC 4 valve liquid cooled.
*249.3 cm3
*bore x stroke 78.0 x 52.2 mm
*daya maksimum 35.5 kW / 13.000     rpm
*torsi maksimum 38.0 Nm / 10.500


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di ...

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi...

Crankcase Magnesium, Apa Keunggulannya?

Magnesium merupakan salah satu material logam paling ringan di bumi, lebih ringan dibandingkan dengan alumunium. Banyak pecinta balap yang tidak tahu bahwa magnesium, banyak digunakan pada dunia balap. Logam magnesium banyak digunakan sebagai bahan untuk crankcase engine, atau bak mesin pada motor atau mobil. Magnesium dipilih karena memiliki strength to weight ratio terbaik, bahkan lebih baik dari logam aluminium. Dengan rasio kekuatan terhadap berat yang baik, magnesium sangat sempurna digunakan untuk komponen mesin balap yang memerlukan kekuatan, dan bobot yang ringan. Dengan segala keunggulannya, magnesium juga memiliki harga yang lebih mahal. Walau harga Magnesium mahal, namun magnesium merupakan material wajib pada motor MotoGP, semua motor di MotoGP bisa dipastikan menggunakan logam super ini. Penggunaan magnesium banyak digunakan pada sektor mesin, karena bagian mesin adalah yang bekerja paling berat. Dengan semua keunggulan yang dimiliki, magnesium masih menjadi ko...