Langsung ke konten utama

HONDA Rc211v

Rc211v masterpiece Honda penerus nsr500
Honda melalui HRC merupakan pabrikan paling inovatif di ajang balap motor kasta tertinggi. Honda merupakan pabrikan yang sangat teguh dan serius, pada prinsip mereka akan mesin balap empat tak. Sudah banyak karya mereka yang mengguncang dunia, seperti rc166 motor balap 150 CC inline six, nr750 oval piston, hingga nsr500 v4 (2tak).

Inovasi Honda selalu berhasil membuat lawan takjub dan heran, karena alih-alih mengembangkan mesin dengan konfigurasi yang umum, Honda justru lebih memilih jalan yang rumit dan sulit. Seperti jalan yang telah dilalui Soichiro Honda, pendiri mereka sebelumnya. Untuk memenuhi regulasi dorna yang baru, Honda lebih memilih konfigurasi mesin v5 empat tak dengan sudut 65 derajat yang cukup unik dan nyeleneh.

Honda memilih konfigurasi v5 karena bertujuan untuk mengurangi lebar motor, sehingga hambatan udara menjadi sedikit berkurang. Konfigurasi v5 juga mampu mengeluarkan power yang lebih besar, dibandingkan dengan konfigurasi mesin v4 biasa.  Pengembangan rc211v merupakan tantangan sulit bagi Honda, akan tetapi dengan rider sekelas Valentino Rossi mereka berhasil mengembangkan rc211v.

Rc211v juga berhasil membawa Nicky Hayden juara dunia di tahun 2006, sebelum akhirnya rc212v diperkenalkan pada tahun 2007 dan mengakhiri masa bakti rc211v.
Keberhasilan rc211v Honda merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, karena mereka telah berhasil membuat sebuah mesin v5 yang seimbang, dan membuat mereka berhasil merebut gelar juara dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan