Rally Dakar merupakan ajang balap paling ekstrim di dunia. Bagaimana tidak, ajang balap ini tidak diadakan di sirkuit layaknya kompetisi balap pada umumnya, melainkan diadakan di Padang gurun dan pegunungan dengan jalur tempuh hingga sejauh ribuan kilometer. Ada beberapa kategori yang dilombakan, diantaranya adalah kategori sepeda motor, mobil, truk, hingga quads atau ATV. Namun untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas motor Rally yang diproduksi oleh raksasa otomotif Jepang, yaitu Honda CRF450 Rally. Seperti diketahui, Honda CRF450 Rally merupakan motor adventure yang diproduksi Honda, yang pernah menjadi juara Dakar pada tahun 2020 dan 2021. Lantas apa yang membuat Honda CRF450 Rally begitu tangguh, hingga mampu menjadi juara dakar dua kali beruntun?
Dari segi desain, seperti motor adventure lainnya, Honda CRF450 Rally juga memiliki dimensi yang tinggi, dan dilengkapi dengan kaki kaki yang tangguh, juga dibekali dengan win Shield yang cukup tinggi. Bagi kebanyakan orang, mungkin motor adventure memang dinilai memiliki desain yang tidak biasa. Namun, desain pada motor adventure yang demikian itu, sejatinya bertujuan untuk memudahkan motor dalam menerjang berbagai Medan yang sulit. Selain itu, desain lampu yang digunakan juga cukup unik dan bervariasi pada setiap pabrikan, hal ini disebabkan perlombaan Dakar lebih difokuskan pada siang hari. Lantas, apa yang membuat motor adventure ini mampu melibas Medan yang sulit hingga ribuan kilometer?
Dari segi teknis, motor Honda CRF450 Rally dibekali dengan mesin satu silinder DOHC 449 cc, berpendingin cairan yang unggul dari segi torsi. Untuk bagian rangka atau frame, Honda CRF450 Rally ini menggunakan tipe alumunium twin spar, yang sudah tentu unggul dari segi bobot yang lebih ringan. Sementara pada bagian subframe, motor ini menggunakan material serat karbon yang ringan namun kuat. Sementara itu, untuk sektor pengereman motor ini menggunakan sistem rem cakram pada roda depan dan belakang. Untuk rem roda depan hanya menggunakan single disk, tidak seperti motor berdasarkan cc besar lainnya yang menggunakan double disk.
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini merupakan spesifikasi yang dimiliki oleh Honda CRF450 Rally.
BIKE | Honda |
MODEL | CRF450 RALLY |
ENGINE | |
Type | Liquid cooled single cylinder DOHC |
Capacity | 449.4 cc |
Bore x stroke | 97.0 x 60.8 mm |
Starter | Electric starter |
Carburation | Fuel Injection |
Lubricant | Motul 300V |
Transmission | 6 speed |
Output | Over 45 kW |
FRAME | |
Type | Aluminium twin tube |
Sub-frame | Carbon fiber |
Fuel tank | Front + rear (plastic) |
Total fuel capacity | 34,7 litres |
Front fork | Showa. Type invert, travel 310 mm |
Rear suspension | Showa. Single tube, travel 305 mm |
BRAKES | |
Front | ø300 2 pot |
Rear | ø240 1 pot |
Komentar
Posting Komentar