Langsung ke konten utama

Honda crf450 Rally Motor Juara Dakar

Rally Dakar merupakan ajang balap paling ekstrim di dunia. Bagaimana tidak, ajang balap ini tidak diadakan di sirkuit layaknya kompetisi balap pada umumnya, melainkan diadakan di Padang gurun dan pegunungan dengan jalur tempuh hingga sejauh ribuan kilometer. Ada beberapa kategori yang dilombakan, diantaranya adalah kategori sepeda motor, mobil, truk, hingga quads atau ATV. Namun untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas motor Rally yang diproduksi oleh raksasa otomotif Jepang, yaitu Honda CRF450 Rally. Seperti diketahui, Honda CRF450 Rally merupakan motor adventure yang diproduksi Honda, yang pernah menjadi juara Dakar pada tahun 2020 dan 2021. Lantas apa yang membuat Honda CRF450 Rally begitu tangguh, hingga mampu menjadi juara dakar dua kali beruntun?

Dari segi desain, seperti motor adventure lainnya, Honda CRF450 Rally juga memiliki dimensi yang tinggi, dan dilengkapi dengan kaki kaki yang tangguh, juga dibekali dengan win Shield yang cukup tinggi. Bagi kebanyakan orang, mungkin motor adventure memang dinilai memiliki desain yang tidak biasa. Namun, desain pada motor adventure yang demikian itu, sejatinya bertujuan untuk memudahkan motor dalam menerjang berbagai Medan yang sulit. Selain itu, desain lampu yang digunakan juga cukup unik dan bervariasi pada setiap pabrikan, hal ini disebabkan perlombaan Dakar lebih difokuskan pada siang hari. Lantas, apa yang membuat motor adventure ini mampu melibas Medan yang sulit hingga ribuan kilometer?

Dari segi teknis, motor Honda CRF450 Rally dibekali dengan mesin satu silinder DOHC 449 cc, berpendingin cairan yang unggul dari segi torsi. Untuk bagian rangka atau frame, Honda CRF450 Rally ini menggunakan tipe alumunium twin spar, yang sudah tentu unggul dari segi bobot yang lebih ringan. Sementara pada bagian subframe, motor ini menggunakan material serat karbon yang ringan namun kuat. Sementara itu, untuk sektor pengereman motor ini menggunakan sistem rem cakram pada roda depan dan belakang. Untuk rem roda depan hanya menggunakan single disk, tidak seperti motor berdasarkan cc besar lainnya yang menggunakan double disk.
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini merupakan spesifikasi yang dimiliki oleh Honda CRF450 Rally.

BIKEHonda
MODELCRF450 RALLY
ENGINE
TypeLiquid cooled single cylinder DOHC
Capacity449.4 cc
Bore x stroke97.0 x 60.8 mm
StarterElectric starter
CarburationFuel Injection
LubricantMotul 300V
Transmission6 speed
OutputOver 45 kW
FRAME
TypeAluminium twin tube
Sub-frameCarbon fiber
Fuel tankFront + rear (plastic)
Total fuel capacity34,7 litres
Front forkShowa. Type invert, travel 310 mm
Rear suspensionShowa. Single tube, travel 305 mm
BRAKES
Frontø300 2 pot
Rearø240 1 pot

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di ...

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi...

Sasis istimewa DUCATI PANIGALE V4

Sasis atau frame merupakan komponen penyusun terpenting pada sebuah sepeda motor, sasis berfungsi layaknya tulang pada mahluk hidup. Banyak jenis sasis yang diterapkan pada sepeda motor, contohnya backbone, underbone, diamond, delta, monoqoque, trellis dan sebagainya. Sasis biasanya terbuat dari bahan pipa baja untuk sepeda motor biasa, dan terbuat dari bahan ringan seperti aluminium alloy untuk sepeda motor balap. Pada umumnya sasis atau frame berfungsi sebagai tempat mesin, baik itu menopang atau menggendong mesin sebuah motor. Panigale v4 chassis Namun, lain halnya dengan superbike terbaru dari ducati. DUCATI PANIGALE V4, merupakan superbike terbaru dari ducati, dan merupakan penerus dari panigale L TWIN (2 silinder v 90 derajat). Pada motor ini mainframe dan subframe disambungkan langsung oleh mesin V4, dengan kata lain mesin pada DUCATI PANIGALE V4 menjadi bagian dari sasis itu sendiri. Hal ini menjadikan PANIGALE V4 menjadi superbike dengan sasis atau frame canggi...