Langsung ke konten utama

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor.

Blok aluminium mesin motor


Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin.
Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal.

Baca juga:


Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendingin atau radiator. Material atau bahan pembuat mesin juga berperan sangat penting, karena bahan yang cepat membuang hawa panas juga dapat membantu pendinginan atau menurunkan suhu mesin.

Dahulu blok mesin umumnya terbuat dari besi, namun seiring dengan berkembangnya teknologi, blok mesin dari besi dianggap kurang baik dalam melepas panas dan juga memiliki bobot yang cukup berat. Dengan kelemahan itu maka dipilih logam aluminium. Aluminium dipilih karena baik dalam melepas panas, cukup kuat dan memiliki bobot yang ringan.

Aluminium hingga saat ini masih digunakan karena terbukti cukup kuat, handal dan efisien serta tahan korosi. Namun untuk keperluan balap digunakan logam pengganti aluminium untuk blok mesin, contohnya magnesium. Magnesium memiliki bobot yang lebih ringan dari aluminium, namun lebih kuat dari aluminium.

Mungkin di masa mendatang bahan untuk membuat mesin, bukan lagi dari aluminium dan magnesium (untuk balap dan superbike) karena tidak menutup kemungkinan akan ada lagi logam yang lebih baik dari aluminium dan magnesium.

Komentar

  1. Rekasa material untuk bahan motr terus akan berkembang walau dengan bahan dasar nya Aluminium

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ilmu metalurgi khususnya pabrikan jepang sangat luar biasa.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan