Langsung ke konten utama

Superbike Terbaik Honda RC45


Honda merupakan nama besar dalam dunia sepeda motor global, dan merupakan yang terbaik. Sudah banyak prestasi yang diraih Honda dalam dunia balap, baik grandprix (motoGP) maupun world superbike. Khusus untuk world superbike, Honda pernah menciptakan salah satu masterpiece terbaik mereka yaitu Honda RC45 atau RVF750 pada tahun 1994. Tujuan diciptakannya motor ini adalah sebagai penerus dari mesin terbaik mereka sebelumnya, yaitu Honda RC30 atau VFR750. Selain itu, pengembangan RC45 juga didasarkan pada desain RC30, mulai dari jenis mesin yang digunakan, tipe sasis twin spar dan swing arm jenis single side swing arm.

Honda RC45


Pengembangan Honda RC45 merupakan ambisi besar HRC, untuk merajai kompetisi world superbike di tahun 1990 an. Mereka mengerahkan semua kemampuan terbaik mereka, salah satunya dengan membangun mesin berkonfigurasi V4 90 derajat. Seperti diketahui, pada umumnya produsen motor asal Jepang seperti Yamaha dan Kawasaki lebih gemar merancang mesin dengan konfigurasi inline. Mesin dengan konfigurasi Inline, umumnya lebih mudah untuk diproduksi. Selain itu, biaya produksinya juga lebih murah sehingga bagus untuk bisnis.

Layaknya sebuah masterpiece, Honda RC45 dibangun dengan menggunakan banyak sekali komponen spesial. Beberapa komponen mesin seperti katup dan connecting rod, terbuat dari logam titanium yang lebih kuat dan ringan dibandingkan baja. Sementara itu, untuk komponen engine crankshaft atau poros engkol terbuat dari forged steel atau baja tempa. Crankshaft yang terbuat dari forged steel, memiliki bobot yang lebih ringan, tapi juga jauh lebih kuat dari baja yang digunakan pada motor biasa. Dengan langkah itu, mesin akan sanggup berputar pada RPM yang lebih tinggi lagi.

Berbeda dengan logam untuk crankshaft, Honda RC45 menggunakan piston yang terbuat dari aluminium Alloy yang juga ditempa. Proses penempaan akan membuat piston memiliki bobot yang lebih ringan dan lebih kuat dari piston aluminium biasa, sehingga mesin akan menjadi lebih powerfull. Selain baja dan aluminium tempa, untuk beberapa bagian mesin lainnya ada yang terbuat dari logam magnesium, sehingga bobot mesin Honda RC45 menjadi lebih ringan. Dengan bobot mesin yang ringan, akan membuat power to weight ratio lebih mudah untuk didapatkan.

Penggunaan berbagai logam spesial tersebut, tentunya bukan hal yang mengherankan, karena dari awal Honda RC45 merupakan superbike Honda yang dibuat oleh HRC untuk tujuan balap hingga berhasil menjadi juara dunia world superbike pada tahun 1997. Untuk informasi lebih tentang Honda RC45, dibawah ini merupakan spesifikasi yang dimiliki oleh salah satu superbike terbaik di dunia ini.
  • Ukuran mesin : 749cc 16 valve V4 sudut 90 derajat. 
  • Jenis rangka : Aluminum twin spar Kapasitas bahan bakar : 18 liter
  • Tinggi kursi : 770 mm
  • Berat sepeda : 189kg
  • Suspensi depan : upside-down Preload, rebound, kompresi.
  • Suspensi belakang : Preload, rebound, kompresi. 
  • Rem depan : Cakram kembar 310mm
  • Rem belakang : Cakram 220mm
  • Ukuran ban depan : 130/70 x 16
  • Ukuranban belakang : 190/50 x 17

Ditulis oleh Bambang Prayogi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan