Langsung ke konten utama

Teknologi Sistem Rem MotoGP Yang Luar Biasa


MotoGP merupakan ajang balap motor terpopuler dan arena para pebalap terbaik dunia. Menyaksikan balap MotoGP layaknya seperti menyaksikan keajaiban kecil. Kecepatan motor pada balap MotoGP mampu mencapai 350 km/jam pada trek lurus, Sementara pada saat keadaan menikung kecepatan motor mampu melesat diatas 90 km/jam. Selain kecepatan yang luar biasa saat trek lurus dan saat menikung, kecanggihan teknologi rem yang digunakan juga sangat mengesankan.

Perlu diketahui, pebalap motoGP tetap mampu mengendalikan motor dengan aman, pada saat memperlambat motor dari kecepatan sangat tinggi ke kecepatan rendah. kecepatan motor yang tinggi mampu dengan mudah dikurangi dengan waktu dan jarak yang sangat singkat. Rider motoGP mampu mengurangi kecepatan motor dari 340 km/jam, menjadi 90 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 6 detik dan jarak kurang dari 300 meter. Dengan fakta luar biasa tersebut, tentu teknologi sistem rem yang digunakan bukan teknologi rem biasa.

Saat pengereman dilakukan, energi dan beban yang luar biasa besar sekitar 70% ditanggung oleh rem depan, dan sisanya ditanggung oleh engine brake dan rem belakang. Kemampuan luar biasa yang mampu diberikan rem depan motor, merupakan gabungan sempurna antara teknologi dan material yang digunakan. Saat balapan digelar pada cuaca cerah, cakram karbon dipilih untuk digunakan karena keunggulannya mengalahkan cakram baja. Cakram karbon mampu mengurangi kecepatan motor dengan sangat baik saat cuaca sedang cerah.

Selain cakram dan brake pad yang terbuat dari karbon, komponen brake calliper dan calliper piston juga terbuat dari material spesial dan mahal. Brake calliper terbuat dari satu blok alumunium yang ringan dan berkualitas tinggi, sementara untuk calliper piston terbuat dari salah satu logam terkuat yaitu titanium. Kombinasi antara karbon, alumunium dan titanium menghasilkan komponen sistem pengereman yang luar biasa tangguh dan efektif. Dengan semua fakta tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa teknologi rem motoGP merupakan salah satu yang terbaik dalam dunia otomotif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan