Langsung ke konten utama

Desmodromic Ducati Mekanisme Katup Andalan Tanpa Lawan

Desmodromic merupakan mekanisme penggerak katup yang menjadi ciri khas Ducati, baik dalam produk komersial mereka, hingga diterapkan pada motor yang mereka gunakan pada ajang MotoGP. Dalam ajang balap MotoGP, hanya Ducati yang berhak menggunakan sistem desmodromic ini. Pabrikan lain tidak bisa menggunakan sistem desmodromic, dikarenakan hak paten yang dimiliki oleh Ducati.

Dalam mekanisme mesin pembakaran internal, mekanisme katup berperan sangat penting dalam proses kerja mesin, khususnya untuk mesin jenis empat langkah. Mekanisme katup bertugas untuk menyuplai bahan bakar kedalam ruang bakar, saat mesin pada posisi langkah hisap. Selain itu mekanisme katup juga bertugas mengeluarkan gas pembakaran, saat mesin pada posisi langkah buang. Sedangkan disaat mesin pada posisi langkah kompresi dan usaha, mekanisme katup akan menutup semua katup.

Pada dasarnya, mekanisme katup mengandalkan putaran poros cam untuk membuka katup. Sedangkan untuk menutup katup, poros cam dibantu dengan pegas baja untuk mengembalikan posisi katup ke posisi menutup. Mekanisme katup model biasa ini memang lebih sederhana, tapi untuk tujuan balap kurang unggul karena memiliki kelemahan yang cukup merugikan. Sedangkan pada sistem desmodromic tidak memiliki kelemahan seperti mekanisme katup biasa.

Mekanisme katup desmodromic


Sistem desmodromic Ducati memang sedikit lebih rumit dari sistem mekanisme katup biasa, tetapi hal ini tidak sebanding dengan keunggulan yang dimilikinya. Apabila mekanisme katup biasa sangat bergantung pada pegas baja, maka sistem desmodromic tidak membutuhkan pegas baja. Hal ini dikarenakan proses buka dan tutup katup mesin sejalan dengan poros cam dan komponen khusus yang tidak membutuhkan bantuan pegas baja lagi.

Dengan desain yang sedemikian rupa, sistem desmodromic Ducati hampir tidak mungkin mengalami gejala Valve floating pada saat putaran puncak mesin. Dengan mekanisme desmodromic ini, setinggi apapun putaran mesin, mekanisme katup akan sanggup mengimbanginya. Seperti diketahui bersama, kelemahan terbesar mekanisme katup biasa adalah valve floating pada putaran tinggi.

Keunggulan sistem desmodromic Ducati ini sangat menguntungkan Ducati, baik dalam ajang balap MotoGP maupun balap world superbike. Sistem desmodromic memungkinkan Ducati untuk merancang mesin balap dengan putaran mesin yang tinggi dan power yang besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan