Langsung ke konten utama

Suara Mesin Motor Ngelitik Dan Solusinya

Mesin motor yang normal tentu akan menghasilkan suara yang halus, walaupun terkadang juga terdengar sedikit kasar. Banyak kasus dimana suara mesin motor baik jenis transmisi manual ataupun otomatis, menghasilkan suara tidak normal atau ngelitik saat bukaan gas besar. Suara ngelitik ini sangat menggangu pengendara, karena terdengar sangat jelas seperti benturan antar logam. Walaupun terdengar seperti benturan logam, pada faktanya suara ngelitik ini dihasilkan dari efek pre-ignition atau lebih dikenal dengan nama detonasi.



Pre-ignition sendiri adalah proses ledakan didalam ruang bakar mesin, yang terjadi pada waktu yang terlalu awal. Dengan kata lain campuran bahan bakar, menyala dan meledak sebelum waktunya. Ledakan yang tidak tepat waktu ini paling umum disebabkan oleh ruang bakar yang kotor, dan terdapat banyak kerak atau residu sisa pembakaran.

Kerak sisa pembakaran yang terakumulasi akan menaikkan nilai kompresi mesin, sehingga campuran bahan bakar akan lebih mudah terkompresi dan mampu menyala walau tanpa percikan api listrik dari busi. Ledakan bahan bakar yang terlalu awal ini akan berefek buruk bagi mesin, karena hal ini akan menyebabkan panas berlebih pada mesin, yang juga akan cepat menurunkan kualitas pelumas mesin.

Untuk mengatasi masalah mesin ngelitik ini sebenarnya cukup mudah, dengan syarat kerak sisa pembakaran belum menumpuk terlalu parah di dalam ruang bakar mesin. Anda dapat mengatasi masalah ngelitik ini dengan cara mengganti bahan bakar mesin, dengan nilai oktan yang tinggi. Alasan melakukan langkah ini adalah, karena pada umumnya masalah kerak mesin disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang buruk.

Untuk mengatasi masalah detonasi pada mesin memanglah relatif mudah, tapi hal ini hanya berlaku untuk kasus kerak mesin yang masih ringan. Sedangkan untuk kasus kerak mesin yang sudah parah, langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara overhaul atau membuka bagian head silinder mesin, dan membersihkan kerak sisa pembakaran secara manual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan