Langsung ke konten utama

Rahasia Rpm Tinggi Honda RcV MotoGP

Honda RcV series merupakan motor prototipe andalan Honda di MotoGP, setelah dorna merubah regulasi ke mesin empat langkah. Mesin konfigurasi V racikan Honda ini mampu berputar hingga 19.000rpm dan menghasilkan tenaga lebih dari 200 daya kuda. Lalu apa yang membuat mesin V Honda ini mampu berputar hingga 19.000rpm? Tentu ada banyak faktor yang mendukung, salah satunya adalah material crankshaft yang digunakan pada mesin RcV honda.



Pada umumnya, material atau bahan yang digunakan untuk crankshaft pada motor adalah baja cor. Penggunaan baja cor ini hanya digunakan untuk mesin produksi masal saja, dan tidak mampu berputar hingga rpm yang tinggi. Keterbatasan rpm pada mesin produksi masal dikarenakan material crankshaft yang mempunyai titik pemuaian yang rendah.

Dari  data yang diketahui, Honda rcV MotoGP  menggunakan crankshaft yang terbuat dari bahan baja tempa atau forged steel. Apabila Mesin MotoGP menggunakan crankshaft dari bahan baja biasa, tentu tidak akan mampu melaju kencang selama puluhan lap. Alasan yang paling logis kenapa Honda menggunakan baja tempa ini adalah untuk menekan biaya produksi. Karena seperti kita ketahui material titanium memiliki biaya produksi yang lebih tinggi.

Sebenarnya penggunaan material komponen mesin MotoGP setiap pabrikan berbeda-beda, setiap pabrikan mempunyai perhitungan tersendiri dalam menentukan material komppkom serta biaya untuk pembuatannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan