Langsung ke konten utama

Hal Sederhana Yang Bisa Membuat Mesin Motor Awet

Mesin motor merupakan jantung dari sepeda motor, dari mesin lah tenaga untuk membuat motor mampu melaju berasal. Mesin motor pada umumnya merupakan jenis mesin pembakaran dalam(internal combustion engine) yang berarti terjadi proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin.

Saat berfungsi, mesin motor melakukan langkah kerja yang berat, seperti terjadi gesekan antar komponen mesin dan suhu tinggi akibat proses pembakaran bahan bakar. Karena hal itulah penggantian oli mesin secara berkala sangat diperlukan untuk menjaga kinerja mesin motor.

Selain melakukan penggantian oli mesin secara berkala, langkah sederhana ini juga bisa anda lakukan untuk membuat mesin motor menjadi lebih awet. Anda hanya perlu perlu melakukan langkah mudah ini setiap sebelum motor melaju, yaitu dengan cara starter manual atau menggunakan kick starter saat motor dalam keadaan off.

Dengan melakukan kick starter atau engkol mesin sebelum mesin dihidupkan, oli di dalam mesin akan melumasi komponen penting di dalam mesin, dan langkah ini akan membuat kerja mesin saat awal dihidupkan menjadi lebih ringan. Langkah kick starter ini akan membuat gesekan antar komponen menjadi berkurang.

Perlu diketahui, salah satu penyebab kerusakan pada mesin adalah saat mesin pertama kali dihidupkan. Tanpa terjadinya pelumasan awal sebelum mesin hidup, akan menyebabkan terjadinya gesekan antar komponen mesin. Dan gesekan saat mesin dihidupkan akan mengurangi umur komponen mesin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan