Rc211v masterpiece Honda penerus nsr500
Honda melalui HRC merupakan pabrikan paling inovatif di ajang balap motor kasta tertinggi. Honda merupakan pabrikan yang sangat teguh dan serius, pada prinsip mereka akan mesin balap empat tak. Sudah banyak karya mereka yang mengguncang dunia, seperti rc166 motor balap 150 CC inline six, nr750 oval piston, hingga nsr500 v4 (2tak).
Inovasi Honda selalu berhasil membuat lawan takjub dan heran, karena alih-alih mengembangkan mesin dengan konfigurasi yang umum, Honda justru lebih memilih jalan yang rumit dan sulit. Seperti jalan yang telah dilalui Soichiro Honda, pendiri mereka sebelumnya. Untuk memenuhi regulasi dorna yang baru, Honda lebih memilih konfigurasi mesin v5 empat tak dengan sudut 65 derajat yang cukup unik dan nyeleneh.
Honda memilih konfigurasi v5 karena bertujuan untuk mengurangi lebar motor, sehingga hambatan udara menjadi sedikit berkurang. Konfigurasi v5 juga mampu mengeluarkan power yang lebih besar, dibandingkan dengan konfigurasi mesin v4 biasa. Pengembangan rc211v merupakan tantangan sulit bagi Honda, akan tetapi dengan rider sekelas Valentino Rossi mereka berhasil mengembangkan rc211v.
Rc211v juga berhasil membawa Nicky Hayden juara dunia di tahun 2006, sebelum akhirnya rc212v diperkenalkan pada tahun 2007 dan mengakhiri masa bakti rc211v.
Keberhasilan rc211v Honda merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, karena mereka telah berhasil membuat sebuah mesin v5 yang seimbang, dan membuat mereka berhasil merebut gelar juara dunia.
Keberhasilan rc211v Honda merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, karena mereka telah berhasil membuat sebuah mesin v5 yang seimbang, dan membuat mereka berhasil merebut gelar juara dunia.
Komentar
Posting Komentar