Langsung ke konten utama

Efek bahan bakar pada motor

Motor merupakan kendaraan roda dua yang menggunakan mesin pembakaran dalam ( internal combustion engine). Yang berarti membutuhkan bahan bakar minyak untuk dapat bekerja.

Untuk dapat bekerja, bahan bakar akan dicampur dengan udara oleh karburator atau sistem injeksi, sebelum diarahkan ke ruang bakar. Apabila bahan bakar yang digunakan untuk mesin berkualitas buruk, akan menyebabkan mesin bermasalah.

Bahan bakar dengan kualitas kurang baik akan sulit untuk tercampur dengan udara, sehingga akan sulit terbakar walau dengan tekanan tinggi. Selain lebih Sulit untuk terbakar, bahan bakar dengan kualitas buruk juga meninggalkan residu, atau kotoran yang menumpuk di dalam ruang bakar.

Dengan residu yang menumpuk di ruang bakar, mesin akan mengalami banyak masalah seperti susah dihidupkan dan juga tenaga mesin yang berkurang secara signifikan.

Berbeda dengan bahan bakar berkualitas buruk, bahan bakar dengan kualitas baik atau nilai oktan tinggi akan sangat mudah tercampur dengan udara. Sehingga proses pembakaran di ruang bakar mesin sempurna, dan meninggalkan sedikit residu karena bahan bakar terbakar sempurna.

Bahan bakar yang terbakar dengan sempurna akan membuat ruang bakar tetap bersih, sehingga mesin akan bekerja dengan maksimal. Dengan penggunaan bahan bakar yang berkualitas, akan membuat mesin motor lebih awet dan tetap handal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan