Langsung ke konten utama

Desmosedici GP DUCATI

Tahun 2003 adalah sejarah bagi pabrikan ducati, karena di tahun ini ducati resmi memperkenalkan motor desmosedici gp3 di arena motoGP. Seperti diketahui bahwa, ducati berhenti mengikuti ajang balap motoGP sejak tahun 70 an. Desmosedici gp3 saat itu dikendarai oleh loris capirossi dan troy bayliss.



Sebelum desmosedici gp3 diciptakan, para engineer ducati berpikir untuk menciptakan motor dengan mesin L TWIN, yang sudah biasa mereka buat untuk ajang motoGP. Namun mesin L TWIN tidak dapat menghasilkan tenaga sebesar mesin 4 silinder. Dan pada akhirnya ducati mengembangkan mesin L4 (V4) untuk ajang motoGP dengan basic mesin L twin.

Ducati desmosedici gp hadir dengan teknologi katup Desmodromic. Dan teknologi Desmodromic hanya dimiliki oleh ducati saja. Teknologi katup ini telah diterapkan pada semua motor desmosedici, mulai dari gp3 hingga gp18 yang sekarang sedang digunakan. Dengan teknologi Desmodromic asli ducati, mesin ducati tidak membutuhkan sistem pneumatic valve seperti pabrikan lain.

Namun, walaupun memiliki banyak teknologi canggih, tidak serta merta membuat ducati desmosedici gp dengan mudah  memenangi balapan. Tercatat hanya casey stoner yang mampu menjinakkan liarnya ducati desmosedici gp, dan akhirnya menjuarai motoGP di tahun 2007.

Dalam perkembangannya ducati desmosedici gp telah banyak mengalami kemajuan pesat. Bahkan sekarang ini ducati mampu mengimbangi superioritas RC213V honda, bahkan mengalahkannya di beberapa race terakhir. Dan hal ini menjadikan ducati desmosedici gp, menjadi calon kuat juara dunia.

Spesifikasi ducati desmosedici gp diantaranya:
  1. LV/V4 1000CC dohc evo Desmodromic
  2. Aluminium alloy twinspar 
  3. Max speed >350km/jam
  4. Power > 250 tenaga kuda / > 180kw
  5. Berat kosong 157 kg atau standar dorna
  6. 6 speed ducati Seamless


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di ...

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi...

Crankcase Magnesium, Apa Keunggulannya?

Magnesium merupakan salah satu material logam paling ringan di bumi, lebih ringan dibandingkan dengan alumunium. Banyak pecinta balap yang tidak tahu bahwa magnesium, banyak digunakan pada dunia balap. Logam magnesium banyak digunakan sebagai bahan untuk crankcase engine, atau bak mesin pada motor atau mobil. Magnesium dipilih karena memiliki strength to weight ratio terbaik, bahkan lebih baik dari logam aluminium. Dengan rasio kekuatan terhadap berat yang baik, magnesium sangat sempurna digunakan untuk komponen mesin balap yang memerlukan kekuatan, dan bobot yang ringan. Dengan segala keunggulannya, magnesium juga memiliki harga yang lebih mahal. Walau harga Magnesium mahal, namun magnesium merupakan material wajib pada motor MotoGP, semua motor di MotoGP bisa dipastikan menggunakan logam super ini. Penggunaan magnesium banyak digunakan pada sektor mesin, karena bagian mesin adalah yang bekerja paling berat. Dengan semua keunggulan yang dimiliki, magnesium masih menjadi ko...