Langsung ke konten utama

Desmosedici GP DUCATI

Tahun 2003 adalah sejarah bagi pabrikan ducati, karena di tahun ini ducati resmi memperkenalkan motor desmosedici gp3 di arena motoGP. Seperti diketahui bahwa, ducati berhenti mengikuti ajang balap motoGP sejak tahun 70 an. Desmosedici gp3 saat itu dikendarai oleh loris capirossi dan troy bayliss.



Sebelum desmosedici gp3 diciptakan, para engineer ducati berpikir untuk menciptakan motor dengan mesin L TWIN, yang sudah biasa mereka buat untuk ajang motoGP. Namun mesin L TWIN tidak dapat menghasilkan tenaga sebesar mesin 4 silinder. Dan pada akhirnya ducati mengembangkan mesin L4 (V4) untuk ajang motoGP dengan basic mesin L twin.

Ducati desmosedici gp hadir dengan teknologi katup Desmodromic. Dan teknologi Desmodromic hanya dimiliki oleh ducati saja. Teknologi katup ini telah diterapkan pada semua motor desmosedici, mulai dari gp3 hingga gp18 yang sekarang sedang digunakan. Dengan teknologi Desmodromic asli ducati, mesin ducati tidak membutuhkan sistem pneumatic valve seperti pabrikan lain.

Namun, walaupun memiliki banyak teknologi canggih, tidak serta merta membuat ducati desmosedici gp dengan mudah  memenangi balapan. Tercatat hanya casey stoner yang mampu menjinakkan liarnya ducati desmosedici gp, dan akhirnya menjuarai motoGP di tahun 2007.

Dalam perkembangannya ducati desmosedici gp telah banyak mengalami kemajuan pesat. Bahkan sekarang ini ducati mampu mengimbangi superioritas RC213V honda, bahkan mengalahkannya di beberapa race terakhir. Dan hal ini menjadikan ducati desmosedici gp, menjadi calon kuat juara dunia.

Spesifikasi ducati desmosedici gp diantaranya:
  1. LV/V4 1000CC dohc evo Desmodromic
  2. Aluminium alloy twinspar 
  3. Max speed >350km/jam
  4. Power > 250 tenaga kuda / > 180kw
  5. Berat kosong 157 kg atau standar dorna
  6. 6 speed ducati Seamless


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan