Langsung ke konten utama

Bobot sebuah motor motoGP


motoGP merupakan ajang balap motor terbesar di dunia. Tidak seperti ajang balap lain, motor yang digunakan pada motoGP adalah motor prototype atau tidak dijual bebas. motoGP dengan segala daya tariknya mampu membuat jutaan pasang mata menyaksikan setiap serinya.



Banyak  orang yang mengira bahwa berat motor motoGP lebih berat dari motor biasa. Padahal faktanya motor motoGP memilki bobot yang termasuk ringan, karena motor motoGP merupakan motor prototype atau purwarupa yang murni untuk balap.

Lantas berapa sebenarnya bobot sebuah motor motoGP? Menurut peraturan DORNA berat atau bobot motoGP dengan kubikasi mesin 1000cc adalah 157kg. Sedangkan pada saat masih menggunakan mesin 800cc adalah 150kg. Lalu apa yang membuat motor motoGP begitu ringan?



Motor untuk motoGP bisa mempunyai bobot yang ringan dikarenakan ini adalah motor prototype. Seperti kita ketahui bahwa motor prototype berarti motor yang tidak dijual bebas, dan dibuat menggunakan komponen komponen khusus dengan harga yang sangat mahal.

Sebagai contoh ada beberapa part penting yang terbuat dari logam mahal, seperti blog mesin yang terbuat dari magnesium, part dalam mesin dari titanium, rangka dari aluminium alloy, fairing dari serat karbon dan masih banyak lagi. Selain mesin dan rangka yang terbuat dari logam mahal, bagian velg juga terbuat dari magnesium tempa.

Semua logam dan material khusus tersebut, bertujuan untuk memangkas bobot secara signifikan. Sebenarnya ada komponen mesin yang terbuat dari baja, seperti poros engkol dan poros cam. Tetapi kedua komponen ini dibuat dari baja yang ditempa sehingga memiliki tingkat kepadatan tinggi, namun dengan bobot yang ringan.

Untuk komponen utama mesin seperti piston, dibuat dari forged aluminium, sedangkan katup dan pegas katup terbuat dari titanium. Penggunaan komponen dari bahan khusus tadi membuat bobot sebuah motor motoGP, hanya sekitar 157kg saja. Hal ini membuat motor motoGP lebih ringan dari motor sport 250cc.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan