Langsung ke konten utama

Sasis moderen kawasaki ninja 250R 2018

Di akhir tahun 2017, kawasaki telah resmi mengenalkan jagoan baru mereka di kelas sport 250cc. Jagoan mereka tidak lain dan tidak bukan adalah new kawasaki ninja 250R, dengan hadirnya sang baby ninja, peta persaingan di kelas sport seperempat liter semakin memanas.

Dan hal ini menandakan bahwa sang penantang kuat CBR 250RR, bertambah satu lagi. Tentu penantang baru ini tidak datang hanya dengan bermodalkan rupa saja, karena seperti kita ketahui, raja di kelas sportbike 250cc untuk saat ini adalah CBR 250RR yang terlahir dengan paket lengkap.
Sebut saja throttle by wire, suspensi upside down, mesin yang benar benar compact dan masih banyak lagi.

Dengan segala kelebihan CBR 250RR, tentu saja sang penantang wajib untuk hadir lebih baik, atau minimal menyamai spesifikasi sang raja seperempat liter sementara. Dalam menjawab tantangan ini, ninja 250r terbaru membuat gebrakan besar di kelas 250cc.

sasis Kawasaki ninja 250


Dan salah satu gebrakan besar itu ada pada bagian sasis. Perubahan sasis yang dimaksud disini adalah, sasis ninja 250r menggunakan mesin menjadi bagian dari sasis itu sendiri. Dengan kata lain mesin ninja 250r merupakan sasis ninja 250r, dan hal ini merupakan yang pertama di kelas 250cc.

Seperti kita ketahui, pada umumnya mesin sebuah motor, dan sasis adalah komponen motor yang terpisah. Karena pada umumnya salah satu fungsi sasis adalah untuk menopang atau menggendong mesin motor. Namun hal ini berbeda dengan sasis yang digunakan oleh ninja 250r, karena ninja 250r menggunakan mesin sebagai penyambung untuk swing arm dengan mainframe.

Sebenarnya sasis model ini bukanlah hal baru di dunia roda dua, karena di moto gp DUCATI pernah menggunakan sasis yang hampir serupa. Begitu halnya dengan kawasaki, yang juga menggunakan sasis ini pada ninja 400r. Lebih tepatnya sasis ninja 250r adalah turunan dari sasis ninja 400r, yang menjadikan mesin bagian dari sasis.

Untuk sportbike yang menggunakan sasis jenis ini antara lain:
DUCATI DESMOSEDICI GP09
DUCATI DESMOSEDICI GPRR(2008)
DUCATI PANIGALE L TWIN SERIES
DUCATI PANIGALE V4 2018
KAWASAKI NINJA 400R
KAWASAKI NINJA 250R 2018
Hadirnya ninja 250r memberikan tanda bahwa teknologi canggih sportbike premium, sudah mulai diterapkan pada sportbike 250cc. Tentu hal ini akan membuat sensasi berkendara 250cc akan mirip dengan sensasi berkendara sportbike premium.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan