Langsung ke konten utama

Beberapa sensor pada motor motoGP

MotoGP adalah ajang balap motor prototype(purwarupa) 1000cc, dan merupakan kelas tertinggi ajang balap motor dunia. Bisa dikatakan semua teknologi tercanggih sebuah sepeda motor ada pada sebuah motor motoGP. bayangkan sebuah motor 1000cc dengan 100 tenaga kuda lebih, dan bobot dibawah 200kg dapat dikendalikan kecepatan sampai 350km/jam.



Tentu hal itu tidak mungkin terjadi tanpa adanya teknologi canggih. Sebuah motor motoGP dibangun dengan material atau bahan kelas wahid, dengan syarat kuat dan ringan. Beberapa material yang digunakan diantaranya, aluminium alloy, magnesium, titanium, serat karbon, dan lainnya. Semua material tadi digunakan pada motor motoGP sehingga berat kosong motor hanya dibawah 200kg.

Dengan berat hampir sama dengan motor produksi masal, dan tenaga luar biasa besar, lalu bagaimana motor moto gp bisa begitu stabil dan nurut dengan rider? Hal ini bisa terjadi karena ada puluhan sensor pada motor motoGP, dan mengirimkan data untuk diolah ECU. sehingga motor dengan tenaga yang besar dapat terkendali. Beberapa sensor penting di motoGP diantaranya,
LCS, TC, WHEELIE, LEAN ANGEL, FRONT AND REAR SUSPENSION, dan masih banyak lagi.

LCS(launch control system)
  adalah sensor yang berfungsi agar mesin tetap ada pada rpm bawah, sangat berguna saat motor akan masuk pot dan saat start race.

TC(traction control)
  Sensor yang berfungsi agar ban belakang sempurna mencengkram aspal, dan supaya ban belakang tidak sliding.

Wheelie sensor
  Sensor yang berfungsi agar ban depan motor tidak terangkat saat keluar tikungan.

Lean Angle sensor
 Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut kemiringan motor, dan data akan digunakan mekanik.

Stroke sensor
 Stroke sensor berfungsi untuk mengetahui jarak langkah suspensi saat mengerem dan menikung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan