Langsung ke konten utama

Bahaya bila kita telat mengganti oli mesin motor



Pernahkah terpikir oleh anda, seberapa pentingkah oli mesin bagi sepeda motor? Dan apa saja fungsi dan kegunaannya, serta apa yang terjadi bila kita telat menggantinya.
Oli pada sebuah mesin sangatlah penting, dan tidak bisa terpisahkan. 
Seperti kita ketahui bersama, mesin sepeda motor adalah jenis mesin pembakaran dalam ( internal combustion) baik itu mesin 2 tak atau 4 tak. 

Mesin pembakaran dalam bekerja dengan memanfaatkan energi ledakan campuran bahan bakar dan oksigen, dan mengubahnya menjadi energi mekanik atau gerakan putar. Karena terjadi proses pembakaran, tentu mesin sangatlah mudah panas, dan ditambah dengan perputaran komponen mesin, seperti poros engkol, roda gigi transmisi, camshaft, gerakan piston dan lainnya. Tentu dalam hal ini mesin membutuhkan pendingin dan pelumas untuk mengurangi suhu tinggi akibat ledakan pembakaran dan gesekan antar komponen.

Dan disinilah peran oli pelumas sangat dibutuhkan mesin. Oli berfungsi untuk mendinginkan mesin dan melumasi komponen mesin yang berputar atau bergesekan, agar tetap pada suhu normal. Karena sebagian besar komponen mesin terbuat dari logam,  yang akan memuai apabila terjadi perubahan suhu tinggi. Bisa kita bayangkan, apabila oli mesin yang sudah turun kualitasnya dalam mendinginkan dan melumasi mesin kita biarkan. Tentu hal ini akan membuat komponen logam pada mesin akan lebih mudah memuai atau berubah ukuran, karena oli mesin tidak bisa bekerja dengan baik lagi. 

Apabila hal ini kita biarkan tentu akan merusak mesin, karena mesin bisa saja over heating dan macet. Dan hal yang paling parah pun bisa saja terjadi, seperti rusaknya dinding silinder, patahnya poros engkol, pecahnya bearing dan lain sebagainya. Tentu hal ini akan sangat merugikan, karena biaya untuk mengganti oli mesin lebih murah dibandingkan dengan biaya mengganti komponen mesin.
Dalam mengganti oli mesin pun kita tidak boleh sembarangan, usahakan gunakan oli mesin yang sesuai dengan kendaraan kita. Lebih baik jika kita tanyakan kepada mekanik yang ahli baik di bengkel resmi ataupun bengkel kepercayaan kita.

Pada dasarnya oli mesin disesuaikan dengan jenis mesin kendaraan, contohnya oli untuk mesin transmisi manual berbeda dengan mesin dengan transmisi otomatis, dan oli mesin untuk kopling basah berbeda dengan oli untuk mesin dengan kopling kering. Dan kekentalan oli pun harus disesuaikan dengan jenis mesin motor kita.

Demikian artikel sederhana ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan