Langsung ke konten utama

CBR 250RR dan YAMAHA R25 tertukar?

Honda dan Yamaha adalah dua nama besar di dunia otomotif dunia, khususnya dunia roda dua. Keduanya adalah rival sejati asal negeri samurai di dunia roda dua. Keduanya selalu bersaing di setiap lini sepeda motor, mulai dari cc ukuran terkecil hingga di kelas moto gp.



Walaupun berasal dari negara yang sama, keduanya sudah seperti musuh bebuyutan yang tidak akan mungkin berdamai. Persaingan mereka terjadi hampir disetiap negara yang mereka tinggali, termasuk di negara asal mereka, dan di indonesia kita.
Sejak dulu, Honda terkenal akan kualitas handling dan desain yang kalem namun berkelas. Bahkan lini sportbike merekapun tampil dengan desain yang kalem.



Berbeda dengan honda, yamaha terkenal dengan desain yang indah dipandang, hampir di semua produknya. Tapi fakta itu semua seakan sudah tidak berlaku untuk sekarang ini. Kita tidak harus melihat produk global keduanya, di indonesia pun perubahan desain keduanya sudah bisa kita lihat dengan jelas.

Kedua nama besar ini seakan bertukar penampilan. Honda yang dulu terlihat kalem di kebanyakan produknya, sekarang terlihat sangar di kebanyakan produknya. Penampilan honda seperti berubah 360 derajat, mulai dari kelas skutik, hingga kelas superbike. Honda yang dulu terkenal elegan, sekarang terlihat lebih sangar.

Perubahan juga mulai terlihat pada yamaha,  contohnya ada pada raja sportbike 150cc di indonesia tidak lain dan tidak bukan adalah vixion. Vixion sudah merajai segmen sportbike 150cc di indonesia selama  bertahun tahun. Namun apa yang terjadi dengan vixion keluaran terbaru saat ini, desain vixion sekarang terlihat kalah sangar, dibandingkan dengan rival baru yang berusaha menjungkalkan tahtanya yaitu all new cb 150.

Tidak hanya naked sport, di kelas sport fairing 150 juga terlihat perubahan. Yamaha r15, dan honda cbr 150r terlihat seperti dua pribadi yang tertukar. Penampilan yamaha r15 terlihat lebih kalem, dibandingkan dengan honda cbr 150r yang terlihat lebih sangar , dan terlihat bukan seperti produk honda.

Tidak hanya di segmen sport 150, dikelas sport 250 pun, keduanya seperti merubah identitas mereka. Honda cbr 250rr terlihat seperti bukan produk keluaran honda, cbr 250rr terlihat memiliki desain layaknya superbike 1000cc.

Di segmen sport 250cc yamaha bukan berarti tidak terlihat sporty, namun yamaha r25 seakan tertinggal dalam hal fitur dari sang cbr. Perubahan kedua nama besar ini menimbulkan banyak tanya, entah apa yang terjadi di internal keduanya. Mereka seakan berubah prinsip karena suatu hal, entah itu karena masalah penjualan atau karena hal lainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan