Berbicara tentang Honda, pabrikan Jepang satu ini memang memiliki gengsi tinggi dibandingkan para rivalnya. Gengsi Honda yang tinggi terlihat jelas pada beberapa motor superbike andalan mereka seperti RC30 dan RC45. Disaat pabrikan Jepang lain merancang superbike mereka dengan mesin jenis inline, Honda justru memilih mesin jenis V. Seperti diketahui, mesin jenis V memiliki power yang besar, namun membutuhkan sasis yang sempurna untuk mendapat handling yang mumpuni. Dan Honda berhasil mewujudkannya melalui superbike V4 mereka, Honda RC30.
Honda RC30 merupakan salah satu superbike terbaik Honda, dan motor ini merupakan superbike yang dibangun oleh insinyur HRC langsung. Honda RC30 ditenagai oleh mesin V4 750cc liquid cooled dengan sudut 90 derajat, dan sudut ini merupakan yang paling seimbang pada jenis mesin berkonfigurasi V. Selain itu, mesin V4 RC30 menggunakan susunan gear sebagai penggerak camshaftnya (gear driven). Dengan metode ini, tenaga mesin akan lebih maksimal karena faktor power loss sangat kecil.
Untuk jenis sasis yang digunakan, mesin Honda RC30 ditopang oleh sasis yang ringan dan kuat, yaitu sasis alumunium twin spar. Sasis RC30 ini dirancang langsung oleh para insinyur sasis HRC, dan mampu memberikan handling yang baik dan mumpuni. Perlu diketahui, untuk membuat motor V4 memiliki handling yang baik merupakan sebuah kesulitan tersendiri, ini terjadi karena karakter mesin jenis V dan Inline sangatlah jauh berbeda. Sehingga keduanya membutuhkan sasis yang berbeda pula, demi tujuan untuk mendapatkan handling yang bersahabat.
Keberhasilan Honda dalam mengembangkan, dan membangun RC30 ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, disaat pabrikan Jepang lain lebih memilih mesin Inline untuk superbike mereka. Honda justru lebih memilih jenis mesin layaknya motor pabrikan Eropa dan Amerika. Pemilihan mesin jenis ini juga merupakan sebuah penegasan, bahwa Honda merupakan yang terbaik dari rival Jepang mereka yang lainnya. Dan kemunculan Honda RC30 adalah bukti nyata, bahwa Honda merupakan yang terdepan.
![]() |
Mesin V4 Legendaris Honda |
Honda RC30 merupakan salah satu superbike terbaik Honda, dan motor ini merupakan superbike yang dibangun oleh insinyur HRC langsung. Honda RC30 ditenagai oleh mesin V4 750cc liquid cooled dengan sudut 90 derajat, dan sudut ini merupakan yang paling seimbang pada jenis mesin berkonfigurasi V. Selain itu, mesin V4 RC30 menggunakan susunan gear sebagai penggerak camshaftnya (gear driven). Dengan metode ini, tenaga mesin akan lebih maksimal karena faktor power loss sangat kecil.
Untuk jenis sasis yang digunakan, mesin Honda RC30 ditopang oleh sasis yang ringan dan kuat, yaitu sasis alumunium twin spar. Sasis RC30 ini dirancang langsung oleh para insinyur sasis HRC, dan mampu memberikan handling yang baik dan mumpuni. Perlu diketahui, untuk membuat motor V4 memiliki handling yang baik merupakan sebuah kesulitan tersendiri, ini terjadi karena karakter mesin jenis V dan Inline sangatlah jauh berbeda. Sehingga keduanya membutuhkan sasis yang berbeda pula, demi tujuan untuk mendapatkan handling yang bersahabat.
Keberhasilan Honda dalam mengembangkan, dan membangun RC30 ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, disaat pabrikan Jepang lain lebih memilih mesin Inline untuk superbike mereka. Honda justru lebih memilih jenis mesin layaknya motor pabrikan Eropa dan Amerika. Pemilihan mesin jenis ini juga merupakan sebuah penegasan, bahwa Honda merupakan yang terbaik dari rival Jepang mereka yang lainnya. Dan kemunculan Honda RC30 adalah bukti nyata, bahwa Honda merupakan yang terdepan.
Komentar
Posting Komentar