Honda merupakan nama besar dalam dunia sepeda motor global, dan merupakan yang terbaik. Sudah banyak prestasi yang diraih Honda dalam dunia balap, baik grandprix (motoGP) maupun world superbike. Khusus untuk world superbike, Honda pernah menciptakan salah satu masterpiece terbaik mereka yaitu Honda RC45 atau RVF750 pada tahun 1994. Tujuan diciptakannya motor ini adalah sebagai penerus dari mesin terbaik mereka sebelumnya, yaitu Honda RC30 atau VFR750. Selain itu, pengembangan RC45 juga didasarkan pada desain RC30, mulai dari jenis mesin yang digunakan, tipe sasis twin spar dan swing arm jenis single side swing arm.
![]() |
Honda RC45 |
Pengembangan Honda RC45 merupakan ambisi besar HRC, untuk merajai kompetisi world superbike di tahun 1990 an. Mereka mengerahkan semua kemampuan terbaik mereka, salah satunya dengan membangun mesin berkonfigurasi V4 90 derajat. Seperti diketahui, pada umumnya produsen motor asal Jepang seperti Yamaha dan Kawasaki lebih gemar merancang mesin dengan konfigurasi inline. Mesin dengan konfigurasi Inline, umumnya lebih mudah untuk diproduksi. Selain itu, biaya produksinya juga lebih murah sehingga bagus untuk bisnis.
Layaknya sebuah masterpiece, Honda RC45 dibangun dengan menggunakan banyak sekali komponen spesial. Beberapa komponen mesin seperti katup dan connecting rod, terbuat dari logam titanium yang lebih kuat dan ringan dibandingkan baja. Sementara itu, untuk komponen engine crankshaft atau poros engkol terbuat dari forged steel atau baja tempa. Crankshaft yang terbuat dari forged steel, memiliki bobot yang lebih ringan, tapi juga jauh lebih kuat dari baja yang digunakan pada motor biasa. Dengan langkah itu, mesin akan sanggup berputar pada RPM yang lebih tinggi lagi.
Berbeda dengan logam untuk crankshaft, Honda RC45 menggunakan piston yang terbuat dari aluminium Alloy yang juga ditempa. Proses penempaan akan membuat piston memiliki bobot yang lebih ringan dan lebih kuat dari piston aluminium biasa, sehingga mesin akan menjadi lebih powerfull. Selain baja dan aluminium tempa, untuk beberapa bagian mesin lainnya ada yang terbuat dari logam magnesium, sehingga bobot mesin Honda RC45 menjadi lebih ringan. Dengan bobot mesin yang ringan, akan membuat power to weight ratio lebih mudah untuk didapatkan.
Penggunaan berbagai logam spesial tersebut, tentunya bukan hal yang mengherankan, karena dari awal Honda RC45 merupakan superbike Honda yang dibuat oleh HRC untuk tujuan balap hingga berhasil menjadi juara dunia world superbike pada tahun 1997. Untuk informasi lebih tentang Honda RC45, dibawah ini merupakan spesifikasi yang dimiliki oleh salah satu superbike terbaik di dunia ini.
- Ukuran mesin : 749cc 16 valve V4 sudut 90 derajat.
- Jenis rangka : Aluminum twin spar Kapasitas bahan bakar : 18 liter
- Tinggi kursi : 770 mm
- Berat sepeda : 189kg
- Suspensi depan : upside-down Preload, rebound, kompresi.
- Suspensi belakang : Preload, rebound, kompresi.
- Rem depan : Cakram kembar 310mm
- Rem belakang : Cakram 220mm
- Ukuran ban depan : 130/70 x 16
- Ukuranban belakang : 190/50 x 17
Ditulis oleh Bambang Prayogi
Komentar
Posting Komentar