motoGP merupakan ajang balap motor terbesar di dunia. Tidak seperti ajang balap lain, motor yang digunakan pada motoGP adalah motor prototype atau tidak dijual bebas. motoGP dengan segala daya tariknya mampu membuat jutaan pasang mata menyaksikan setiap serinya.
Banyak orang yang mengira bahwa berat motor motoGP lebih berat dari motor biasa. Padahal faktanya motor motoGP memilki bobot yang termasuk ringan, karena motor motoGP merupakan motor prototype atau purwarupa yang murni untuk balap.
Lantas berapa sebenarnya bobot sebuah motor motoGP? Menurut peraturan DORNA berat atau bobot motoGP dengan kubikasi mesin 1000cc adalah 157kg. Sedangkan pada saat masih menggunakan mesin 800cc adalah 150kg. Lalu apa yang membuat motor motoGP begitu ringan?
Motor untuk motoGP bisa mempunyai bobot yang ringan dikarenakan ini adalah motor prototype. Seperti kita ketahui bahwa motor prototype berarti motor yang tidak dijual bebas, dan dibuat menggunakan komponen komponen khusus dengan harga yang sangat mahal.
Sebagai contoh ada beberapa part penting yang terbuat dari logam mahal, seperti blog mesin yang terbuat dari magnesium, part dalam mesin dari titanium, rangka dari aluminium alloy, fairing dari serat karbon dan masih banyak lagi. Selain mesin dan rangka yang terbuat dari logam mahal, bagian velg juga terbuat dari magnesium tempa.
Semua logam dan material khusus tersebut, bertujuan untuk memangkas bobot secara signifikan. Sebenarnya ada komponen mesin yang terbuat dari baja, seperti poros engkol dan poros cam. Tetapi kedua komponen ini dibuat dari baja yang ditempa sehingga memiliki tingkat kepadatan tinggi, namun dengan bobot yang ringan.
Untuk komponen utama mesin seperti piston, dibuat dari forged aluminium, sedangkan katup dan pegas katup terbuat dari titanium. Penggunaan komponen dari bahan khusus tadi membuat bobot sebuah motor motoGP, hanya sekitar 157kg saja. Hal ini membuat motor motoGP lebih ringan dari motor sport 250cc.
Semua logam dan material khusus tersebut, bertujuan untuk memangkas bobot secara signifikan. Sebenarnya ada komponen mesin yang terbuat dari baja, seperti poros engkol dan poros cam. Tetapi kedua komponen ini dibuat dari baja yang ditempa sehingga memiliki tingkat kepadatan tinggi, namun dengan bobot yang ringan.
Untuk komponen utama mesin seperti piston, dibuat dari forged aluminium, sedangkan katup dan pegas katup terbuat dari titanium. Penggunaan komponen dari bahan khusus tadi membuat bobot sebuah motor motoGP, hanya sekitar 157kg saja. Hal ini membuat motor motoGP lebih ringan dari motor sport 250cc.
Komentar
Posting Komentar