Langsung ke konten utama

Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati

Ducati pernah menjuarai MotoGP seri 2007 bersama dengan pebalap andalan mereka pada waktu itu, yang adalah Casey Stoner. Kemenangan di tahun itu menjadi sangat spesial, karena setelah sekian lama akhirnya ducati mampu menjadi juara dunia balap MotoGP.



Ducati berhasil menjadi juara MotoGP 2007 berkat motor mereka Desmosedici gp7, motor ini bisa dikatakan sebagai maha karya teknologi dari Ducati. Tidak seperti rival mereka asal negeri samurai, yang mayoritas menggunakan frame atau rangka model aluminium twin spar, Ducati memiliki tujuan yang berbeda dengan memilih untuk menggunakan frame semi monocoque.

Frame semi monocoque ini sangat unik, karena hanya menghubungkan bagian kemudi dengan mesin saja, sementara untuk bagian swing arm dan subframe digabungkan dengan mesin. Dengan konfigurasi ini, mesin Desmosedici gp7 menjadi bagian dari frame atau rangka, dan membuat bobot motor bisa berkurang hingga lima kilogram.

Selain bobot motor yang bisa dibuat lebih ringan, kekakuan dan desain motorpun bisa dimaksimalkan. Frame semi monocoque Ducati ini merupakan sebuah pencapaian teknologi dalam ajang MotoGP, karena frame ini sangat berbeda dari kebanyakan motor Jepang dan merupakan hal yang sangat spesial.

Tidak hanya unik dari segi desain, frame semi monocoque desmosedici gp7 juga terbuat dari bahan yang super ringan namun kuat. Frame desmosedici gp7 terbuat dari bahan carbon fiber yang sudah lama digunakan sebagai part motor balap, namun sedikit digunakan untuk bahan membuat frame.

Walaupun frame semi monocoque pernah mengantarkan Ducati berhasil menjadi juara dunia, namun akhirnya Ducati memilih untuk meninggalkan frame ini, karena sulit untuk bersaing dengan frame twin spar aluminium yang digunakan oleh pabrikan Jepang.

Tidak digunakan lagi untuk balap MotoGP bukan berarti frame semi monocoque Ducati ditinggalkan, Ducati memilih untuk menggunakan frame semi monocoque ini untuk line up motor masal mereka seperti Panigale v4. Panigale v4 merupakan andalan Ducati untuk ajang balap WSBK, dan berhasil beberapa kali menjadi yang tercepat di berbagai seri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan