Langsung ke konten utama

Peran Penting Sasis Motor MotoGP

Saat menyaksikan tayangan balap motoGP tentu kita akan berpikir, bagaimana bisa para pebalap menikung dan mengerem dengan kecepatan tinggi tanpa masalah. Sebenarnya apa perbedaan antara motor motoGP dan motor lainnya yang dijual secara legal? Apakah perbedaan antara keduanya sangat jauh? Sehingga performa motor pun menjadi sangat kontras dan timpang. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya motor motoGP merupakan motor prototipe khusus untuk balap, sehingga semua komponennya merupakan komponen yang dibuat dengan tujuan khusus, termasuk sasis atau frame yang berperan besar pada stabilitas motor.

Sasis atau frame yang dipakai motor motoGP dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memberikan tingkat kelenturan tertentu saat menikung, dan memberikan kekakuan yang dibutuhkan untuk melaju dengan stabil disaat trek lurus. Untuk mendapatkan kelenturan dan kekakuan yang tepat, para insinyur sasis harus membangun beberapa desain sasis sekaligus. Pembangunan beberapa desain sasis secara bersamaan, sasis yang dibuat memiliki perbedaan pada masing-masing desainnya, seperti ketebalan material sasis pada beberapa titik sehingga didapatkan kestabilan yang dibutuhkan.

Selain perbedaan ketebalan material logam yang digunakan, sasis yang stabil juga sangat dipengaruhi oleh faktor lain seperti ban. Tingkat kekerasan ban sangat berpengaruh pada pengembangan sasis motoGP, semakin rendah tingkat kekerasan ban(lunak), sasis juga harus dibangun lebih lentur lagi agar seirama dengan kinerja ban. Kombinasi sasis dan ban yang sempurna akan membuat kecepatan motor saat menikung menjadi lebih maksimal, hal ini dikarenakan ban mencengkeram aspal dengan baik dan motor akan dengan mudah melewati tikungan.

Dengan fakta tersebut, kombinasi sasis dan ban pada motor motoGP akan sangat mempengaruhi performa rider-nya. Pebalap akan lebih mudah mengendalikan motor apabila kombinasi antara sasis dan ban mampu memberikan hasil terbaik, dalam melewati setiap bagian lintasan sirkuit. kombinasi yang kurang baik antara sasis dan ban akan membuat rider kesulitan mengendalikan motor pada setiap bagian lintasan, dan ini tentu akan membuat rider tertinggal jauh dari lawannya.

Selain kombinasi sasis dan ban, sebenarnya ada beberapa faktor lagi yang berperan penting dalam kestabilan motor motoGP. Faktor lain seperti karakter mesin juga sangat berpengaruh pada kinerja sasis dalam melewati tikungan. Mesin dengan konfigurasi V tentu memiliki karakter yang berbeda dengan mesin dengan konfigurasi inline, sehingga desain sasis pun harus dibuat berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan