Langsung ke konten utama

Teknologi Pneumatic valve pada motor motoGP

motogp, hingga saat ini masih merupakan ajang balap paling digemari sedunia, popularitasnya jauh meninggalkan ajang balap formula 1. Salah satu yang membuat motogp menjadi tontonan yang menarik adalah, skill para ridernya yang mampu mengendarai motor balap berteknologi tinggi.

Honda dengan pneumatic


Seperti kita ketahui, bahwa motor motogp merupakan motor balap murni prototype, dan dengan teknologi termutakhir. Semua teknologi otomotif terbaru, diterapkan pada motor motogp. Mulai dari teknologi mesin, suspensi, pengereman, rangka, dan sebagainya menerapkan teknologi terbaru.

Motor motogp dituntut untuk dapat memenuhi banyak hal, seperti mesin dengan tenaga besar dan rpm tinggi, pergantian gear secepat mungkin dan masih banyak lagi. Dan beberapa diantaranya sudah seperti sebuah keajaiban di dalam dunia otomotif.

Ducati dengan Desmodromic


Contoh keajaiban dalam motogp adalah mesin yang dituntut untuk mengail rpm setinggi mungkin (hingga 20 ribu rpm). Tentu hal ini akan sangat sulit dicapai, apabila sistem mekanisme katup hanya mengandalkan pegas baja biasa. Karena pegas baja memiliki kelemahan besar, yaitu gejala overlap (kondisi setelah titik mati atas, ketika katup hisap mulai membuka tetapi katup buang belum menutup sempurna) pada saat rpm tinggi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka digunakan teknologi dari mobil formula 1 yaitu teknologi pneumatic spring valve. Teknologi ini menggunakan gas bertekanan tinggi untuk mengembalikan posisi katup. Dengan teknologi pneumatic spring valve ini, gejala overlap dapat diatasi. Sehingga rpm yang tinggi dapat dicapai dengan mudah.

   Baca juga:



Dengan digunakannya teknologi pneumatic spring valve ini, tenaga mesin lebih terkendali dan meningkat secara signifikan. Sehingga dengan tenaga yang lebih besar dan terkendali, secara langsung akan meningkatkan kecepatan motor tunggangan pebalap, dan membuat motogp semakin menarik untuk disaksikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan