Langsung ke konten utama

Rahasia dibalik motor motoGP

Moto GP

Moto GP adalah ajang balap motor kasta tertinggi. Pembalap terbaik dunia berlaga di ajang ini, untuk memperebutkan titel juara dunia setiap tahunnya. Dalam moto GP, motor yang digunakan adalah motor prototipe 1000cc, dengan konfigurasi mesin yang berbeda beda di setiap pabrikan.

Ada dua konfigurasi mesin yang digunakan di moto GP, yaitu v4 dan inline 4. Yang menggunakan konfigurasi mesin v4 adalah honda, ducati, aprilia dan ktm. Sedangkan yang menggunakan konfigurasi inline 4 adalah yamaha dan suzuki. Di moto GP team terbagi menjadi 2 jenis team, yaitu team pabrikan atau factory dan team satellite. Keduanya mempunyai peraturan yang sedikit berbeda.

Pernahkah terpikir oleh anda, sebenarnya apa yang membuat motor moto GP begitu stabil di kecepatan tinggi, saat mengerem, menikung dan lainnya. Sebenarnya teknologi apa yang digunakan, sehingga bisa seperti itu. Ada banyak faktor yang membuat motor moto GP bisa begitu stabil, diantaranya,
Fairing
Chassis
Suspensi
Engine
ECU
Brake
Seamless shift gearbox
Dan masih banyak lagi.




Fairing yang digunakan pada motor moto GP terbuat dari bahan serat karbon(carbon fiber) dengan bentuk aerodinamis sehingga tidak melawan angin. Dan penggunaan bahan serat karbon karena ringan dan sangat kuat.

Untuk sasis, yang digunakan di moto GP ada yang terbuat dari aluminium alloy dan ada juga yang terbuat dari pipa baja ringan dan khusus, seperti yang digunakan KTM. Dan semua itu merupakan logam khusus dan mahal. Sasis itu sendiri ada yang berjenis twin tube, dan ada juga yang berjenis perimeter atau trellis.

Pada bagian suspensi, suspensi yang digunakan adalah jenis suspensi elektronik. Suspensi ini merupakan jenis suspensi dengan teknologi canggih, dan terdapat sensor khusus di dalamnya yang akan mengirimkan data ke ECU.




Mesin atau engine adalah komponen motor yang sangat penting, dari sinilah tenaga besar motor berasal. Mesin yang digunakan di moto GP bukanlah mesin biasa, semua komponen penyusunnya terbuat dari logam khusus. Sebut saja valve, spring valve, connecting rod, yang terbuat dari logam titanium. Crankshaft yang terbuat dari baja tempa, crank case magnesium dan logam khusus lainnya. Penggunaan logam khusus ini bertujuan untuk daya tahan mesin yang sangat tinggi.




ECU (ENGINE CONTROL UNIT) komponen ini merupakan perangkat elektronik yang sangat vital. ECU merupakan komputer dengan program atau software khusus yang menerima input dari sensor sensor, dan memprosesnya untuk mengendalikan motor. Bahkan ECU dapat mengambil alih kendali saat wheelie, atau saat motor tidak terkendali. ECU juga merupakan otak pada motor moto GP.

BRAKE atau rem merupakan komponen penting untuk mengurangi laju kencang motor. Rem pada motor moto GP mampu mengurangi kecepatan motor dari kecepatan 300 km/jam sampai 90 km/jam. Hal ini bisa terjadi karena semua komponen pengereman terbuat dari bahan khusus dengan daya tahan tinggi. Contohnya cakram dan kampas rem terbuat dari bahan karbon, dan piston rem dari titanium.

Seamless shift gearbox
Motor untuk motoGP dituntut untuk tidak banyak membuang waktu, walaupun hanya sepersekian detik. Seamless shift gearbox diawali saat team repsol honda menggunakan teknologi dari mobil F1 mereka pada motor casey stoner. Dengan teknologi gearbox biasa, ada waktu yang terbuang ketika pergantian gear. Saat pergantian gear ada jeda kekosongan power (netral) dan berhentinya pengapian. Tentu hal ini merugikan karena ada waktu yang terbuang percuma. Dengan teknologi Seamless shift gearbox, saat perpindahan gear tidak terjadi netral atau power berhenti sementara, sehingga hampir tidak ada waktu yang terbuang. Saat ini masing masing pabrikan mengembangkan Seamless shift gearbox mereka sendiri.

Selain unsur di atas, masih banyak lagi faktor yang membuat motor moto GP sehingga dapat begitu stabil dan semua itu merupakan teknologi rahasia masing masing pabrikan.





Bambang Prayogi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelemahan Motor HONDA Di Indonesia.

Kelemahan motor honda.  HONDA, adalah nama besar di dunia otomotif. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga robot. Tapi tetap saja, sebesar apapun sebuah merek, tetaplah memiliki sebuah kekurangan. Tidak terkecuali honda, saat ini honda memang penguasa pasar roda dua di indonesia presentasenya jauh meninggalkan para kompetitornya.  Contohnya adalah suzuki dan kawasaki. Dua pabrikan ini tidak berdaya menghadapi kebesaran nama honda di segmen bebek dan skuter matic. Saat ini kompetitor terkuat asal jepang adalah yamaha. Yamaha bersaing dengan honda hampir disegala segmen, mulai dari bebek, skuter matic, sport 150, bahkan sampai sport 250.  Hampir semua segmen motor dimenangkan oleh honda. Bahkan di segmen matic honda menang telak, padahal pelopor skuter matic di indonesia adalah yamaha. Hal ini seakan menjadi nasib pahit bagi yamaha.  Namun apakah nama sebesar HONDA, tidak memiliki sebuah kekurangan di produknya? Tentu saja ada. Bagi pengguna motor honda di indonesia sudah ten

Alasan penggunaan aluminium pada mesin motor

Berbicara tentang motor tentu tidak bisa lepas dari mesin. Karena mesin merupakan sumber tenaga, dan seperti nyawa pada sebuah motor. Dari dalam mesin ini terjadi proses perubahan energi, sehingga menjadi sebuah tenaga untuk menggerakkan motor. Blok aluminium mesin motor Perubahan energi ledakan bahan bakar (panas dan tekanan tinggi) terjadi di dalam ruang silinder, akibat dari ledakan ini mesin menjadi sangat panas. Selain panas karena ledakan bahan bakar, gesekan antara ring piston dan dinding silinder juga menambah suhu panas pada mesin. Untuk itulah sistem pendinginan dan pelumas mesin sangat dibutuhkan, untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal. Baca juga: Semi Monocoque Frame Mahakarya Ducati Crankcase Magnesium Apa Keunggulannya Mesin Dengan Pendingin Udara Untuk mendinginkan komponen bergerak di bagian dalam mesin, peran oli mesin sangatlah penting. Sementara untuk mendinginkan mesin secara keseluruhan, dibutuhkan pendingin seperti sirip pendi

Honda Tinggalkan Mesin Unicam

UNICAM. banyak orang yang tidak tahu saat mendengar kata ini, hanya segelintir orang yang hobi roda dua saja yang tahu tentang unicam. Unicam adalah head mesin atau head cylinder buatan honda, yang hanya menggunakan satu camshaft saja. Di merek mesin lain mesin jenis ini biasa disebut dengan mesin SOHC (single over head camshaft). Honda unicam Unicam sendiri biasa digunakan honda pada mesin sepeda motor cross mereka, seperti CRF 450 dan crf 250, karena memungkinkan konstruksi yang ringkas. Mesin unicam honda pada dasarnya memiliki karakteristik seperti mesin SOHC lainnya, yaitu memiliki tenaga besar di awal putaran mesin. Namun mesin unicam honda memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk head cylinder yang tinggi dan tidak lebar seperti mesin lain. Bentuk tinggi mesin unicam didapat dari penempatan camshaft berada diatas salah satu sisi katup, sedangkan menggunakan rocker arm atau roller rocker arm pada katup yang satunya ( jumlah cam ganjil). Honda sudah lama menggunakan